Monday, December 20, 2010

CARA MEMPERBAIKI MONITOR KOMPUTER

Hari ini rasanya bete banget tidak ada kegiatan yang menyenangkan ! .Yach satu satunya cara menghilangkan kebosanan main game . Waktu aku nyalain tiba-tiba warna layar monitorku berubah-ubah kadang warna agak hijau , merah ,biru dan yang terparah menjadi gelap .Jaaah gagal deh nge gamenya :( ,tapi aku ga patah semangat aku mencoba untuk memperbaiki kondisi seperti ini ,bermodalkan niat tekad dan mantab beserta obeng aku lucutin tuh monitor dan haaah? Dalamnya bener bener parah sangat kotor sekali (mungkinkah ini penyebabnya?) bisa jadi , aku ambil kuas cat yang khusus untuk membersihkan kotoran yang berada di dalamnya ,karena ga ada kompressor maka kuas cat yang halus pun jadi. Setelah aku bersihin dan dengan penuh keyakinan pasti dah ok aku pasang kembali tutupnya dan aku coba hidupkan computernya dan apa yang terjadi? Setelah beberapa menit kumat lagi tuh monitor ,akhirnya aku berinisiatif untuk membongkar total , alat yang ada cuma multitester ,solder 25w-40w ,ama timah patri , aku check papan pcb yang mencurigakan seperti solderan retak rambut aku solder ulang , kemudian pcb yang ada socket terpasang di ujung crt juga aku lepasin semua termasuk seng yang melindunginya , ku solder ulang semua pada bagian itu , setelah semua aku check dan sudah tidak ada yang nampak retak atau mau lepas aku kembalikan lagi seperti semula , dan hasilnya mantabh , intinya kalau monitor warna sering berubah ubah , segera solder bagian Pcb yang menancap di ujung belakang CRT yang ada IC nya [hati-hati bagian ini terlalu rapat antara kaki kaki IC nya] kalau model tabok gambar kadang menciut ,gambar garis tengah saja atau goyang2 check bagian IC horizontal dan bagian yoke [konde email kawat] karena di bagian ini panasnya berlebih . Untuk imagenya menyusul karena aku cuma ngeblog pakai HP , untuk tips tips yang lain akan saya posting di lain waktu.

No comments:

Post a Comment

Best Partners Links

Updated Stats




Free PageRank Checker
Locations of visitors to this page